Senin, 28 Januari 2013

Business Inteligence : OLAP, MOLAP, ROLAP, dan HOLAP

Deskripsi Data OLAP
         im Online analvtical Processing atau disingkat OLAP adalah metoda pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat yaitu desain dari aplikasi dan teknolohi yang dapat mengoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analis. OLAP adalah bagian dari kategoti yang lebih global dari pemikiran bisnis, yang juga merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian data. Aplikasi khusus dari OLAP adalah pelaporan bisnis untuk penjualan, pemasaran, manajemen pelaporan, manajemen proses bisnis, penganggaran dan peramalan. laporan keuangan dan bidang-bidang yang serupa. istilah OLAP merupakan perampingan dari istilah lama database OLTAP [ONLINE TRANSACTION PROCESSING].
karakteristik dari OLAP yaitu :
  • Mengijinkan user melihat data dari sudut pandang logical dan multidimensional pada data warehouse
  • Memfasilitasi query yang komplek dan analisa bagi user.
  • Mengijinkan user melakukan Drill down untuk menampilkan data pada level yang lebih detil atau roll up untuk agregasi dari satu dimensi atau beberapa dimensi.
  • Menyediakan proses kalkulasi dan perbandingan data
  • menampilkan hasil dalam bentuk number termasuk dalam tabel dan grafik.



Deskripsi Data MOLAP 

       Multidimensional online analitycal processing (MOLAP) menyimpan data dan aggregasi pada struktur data multidimensi. Struktur MOLAP ini tidak tersimpan pada datawarehouse tapi tersimpan pada OLAP server. Sehingga performa query yang dihasilkan olehnya sangat bagus. Model penyimpanan ini sesuai untuk database dengan ukuran kecil sampai sedang.


Image



Deskripsi Data ROLAP

    ROLAP (Relational online analitycal processing ) menggunakan tabel pada database relasional datawarehouse untuk menyimpan detil data dan aggregasi kubus. Berbeda dengan MOLAP, ROLAP tidak menyimpan salinan database, ia mengakses langsung pada tabel fact ketika membutuhkan jawaban sebuah query. Sehingga query pada ROLAP mempunyai response time yang lebih lambat dibandingkan ROLAP maupun HOLAP. Karakteristik model ini digunakan untuk menyimpan data yang besar dan jarang dilakukannya proses query. Misalkan, data histori dalam jumlah besar dari beberapa tahun yang sebelumnya.


Image


Deskripsi Data HOLAP
        Gabungan model MOLAP dan ROLAP dapat kita peoleh dari HOLAP (Hibrid online analitycal processing) Detil data tersmpan pada tabel relasional tapi aggregasi data disimpan dalam format multidimensi. Misalkan proses drill down dilakukan pada sebuah tabel fakta, maka retrive data akan dilakukan dari tabel database relasional sehingga query tidak secepat MOLAP. Kubus HOLAP lebih kecil daripada kubus MOLAP tapi response time query masih lebih cepat jika dibandingkan dengan ROLAP. Model penyimpanan HOLAP ini biasanya sesuai untuk kubus yang membutuhkan performa query yang bagus dengan jumlah data yang besar


Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar